Selasa, 24 November 2009

Teori Pendidikan

Teori Pendidikan

a. Teori umum pendidikan
1). Teori umum pendidikan prespektif
Teori ini adalah seperangkat konsep-konsep tentang keseluruan aspek-aspek pendidikan, yang penyajian konsepnya bertujuan menerangkan bagaimana sebaiknya peristiwa-peristiwa pendidikan diselenggarakan. Teori pendidikan yang masuk dalam kelompokini adalah filsafat pendidikan.

2). Teori umum pendidikan deskriptif
Teori ini adalah seperangkat konsep-konsep tentang keseluruan aspek-aspek pendidikan, yang penyajian konsepnya bertujuan menerangkan bagaimana peristiwa-peristiwa pendidikan telah dan sedang terjadi dalam masyarakat. Teori pendidikan yang masuk kelompok ini adalah (a) Pendidikan internasional (b) Pendidikan perbandingan atau komparatif (c) Pendidikan histories.

b. Tujuan khusus pendidikan
1). Teori khusus pendidikan prespektif
Teori ini adalah seperangkat konsep-konsep tentang keseluruan aspek-aspek pendidikan, yang penyajian konsepnya bertujuan menerangkan bagaimana sebaiknya suatu kegiatan pendidikan dilakukan. Teori pendidikan yang mencangkup kelompokini adalah teknologi pendidikan,antara lain mencangkup studi (a) manajemen pendidikan (b) penyusun dan pengembangan kurikulum pendidikan (c) model-model pendidikan (d) evaluasi pendidikan (e) riset pendidikan

2). Tujuan khusus pendidikan deskriptif
Teori ini adalah seperangkat konsep-konsep tentang keseluruan aspek-aspek pendidikan, yang penyajian konsepnya bertujuan menerangkan bagaimana peristiwa-peristiwa pendidikan telah, sedang, dan diperkirakan terjadi dalam masyarakat. Teori pendidikan yang termasuk dalam kelompok ini adalah ilmu-ilmu pendidikan, antara lain (a) pedagogic (b) orthopedagogik (c) psikologi pendidikan (d) sosiologi pendidikan (e) ilmu pendidikan demografis (f) andragogi (g) Antropologi pendidikan dan etnografi pendidikan (h) ekonomika pendidikan (i) politika pendidikan (j) ilmu administrasi pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar