Minggu, 22 November 2009

RPP SMP KLS9(KD 6. 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)

Sekolah : S M P
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : IX / 2 ( Dua )

Standar Kompetensi :

6. Memahami barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar :

6.1. Menentukan pola barisan bilangan sederhana.

Indikator :
1. Menyatakan masalah sehari hari yang berkaitan dengan barisan bilangan.
2. Mengenal unsur-unsur barisan dan deret.
3. Menentukan rumus suku ke- n
4. Menentukan pola barisan bilangan.
5. Menentukan suatu barisan aritmatika.

Alokasi waktu : 6 x 40 menit ( 3 pertemuan )

Tujuan Pembelajaran.

a. Siswa dapat menentukan pola barisan bilangan sederhana dari kehidupan sehari hari.
b. Siswa dapat menggunakan unsur unsur barisan dan deret.
c. Siswa dapat menjelaskan rumus suku ke- n
d. Siswa dapat menjelaskan pola barisan bilangan
e. Siswa dapat menjelaskan suatu barisan aritmatika.

Materi ajar :

a. Pola barisan bilangan.
b. Barisan dan deret aritmatika.

Metode pembelajaran :

Diskusi kelompok, demontrasi dan penemuan.



Langkah-langkah kegiatan :

Pendahuluan.

Apersepsi : Mengingat kembali tentang barisan bilangan.
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu
Siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.

Kegiatan inti. :

a. Denganberdialog siswa diminta menyebutkan barisan bilangan.
b. Guru mendemontrasikan membuat barian bilangan dengan sejumlah kelereng.
c. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang pola barisan bilangan.

Penutup :

a. Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman.
b. Siswa dan guru melakukan refleksi.
c. Guru memberikan tugas ( PR ).


Pertemuan ke dua.

Pendahuluan.

Apersepsi : Membahas PR serta mengingat kembali tentang unsur unsur barisan dan
Deret.
Motivasi : Banyak kegiatan sehari hari yang berkaitan dengan barisan dan deret.

Kegiatan inti :

a. Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi.
b. Dengan berdikusi dalam kelompok masing masing, siswa diharapkan dapat :
1. Mengenal barisan dan deret.
2. menyebutkan beberapa contoh barisan dan deret seperti : suku pertama, suku ke- n, beda, rasio.
c. Maing masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusi,sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
d. Dengan demontrasi guru menunjukan cara atau beberapa notasi yng perlu diperhatikan dalam melihat barisan beda.
e. Siswa diminta menggambar barisan beda, dan menentukan rumus suku ke- n.
f. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang unsur unsur barisan dan deret.



Penutup :

a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
b. Siswa dan guru melakukan refleksi.
c. Guru memberikan tugas ( PR )

Pertemuan ke tiga.

Pendahuluan.

Apersepsi : Mengingat kembali tentang pengertian barisan dan deret.
Motivasi : Banyak kegiatan sehari hari yang berkaitan dengan pola barisan bilangan.

Kegiatan inti :

a. Dengan berdialog, siswa diminta menyebutkan bebrapa contoh pola barisan bilangan, barisan aritmatika.
b. Guru dan siswa mendiskusikan tentang pola barisan bilangan dan barisan aritmatika.
c. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang pola barisan bilangan dan suatu barisan aritmatika.

Penutup :

a. Dengan bimbingan guru, siswa dimnta membuat rangkuman.
b. Siswa dan guru melakukan refleksi.
c. Gru memberikan tugas ( PR ).

E. Alat dan sumber belajar.

Buku teks, kelereng dan chart.

F. Penilaian.

Teknik : Kuis, tes.
Bentuk instrumen : Pertanyaan lisan dan tertulis.
Instrumen :

1. Dalam permainan baris berbaris, baris berikutnya berdiri dua anak lebih banyak dari baris sebelumnya, jika baris pertama ada dua anak, berapakah banyak anak pada baris ke 6 ?
2. Diketahui barisan : 5, 8, 11, 14, 17, 20, ...
a. Suku pertama adalah : .........................................
b. Bedanya adalah : .................................................
c. Suku ke 10 adalah : ..........................................
3. Tentukan rumus suku ke- n dari 2, 12, 36, 80, 150, 252, ...
4. Diketahui barisan 3, 6, 9, ...
a. Tentukan suku ke 4, ke 5 dan ke 6.
b. Tentukan suku ke n

2. Jka diketahui suatu barisan aritmatika 3, 7, 11, 15, ...
Tentukan suku ke 50 dan ke 1001






Mengetahui : ..................................2006
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


........................................ ............................................
NIP NIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar