Minggu, 22 November 2009

RPP SMP KLS8(KD 4. 4b)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
-2-

Sekolah : SMP Negeri 1 Balikpapan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII/II
Pertemun Ke- :
Aloki Waktu : 4 x 40 menit

Standar Kompetensi : 4. Menentukan unsur-unsur lingkaran serta ukurannya

Kompetensi Dasar : 4.4 Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran
Indikator : 1. Melukis garis singgung persekutuan dalam dan luar dua lingkaran
2. Menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dan luar dua lingkaran

Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta Didik mampu:
a. Melukis garis singgung persekutuan dalam dan luar dua lingkaran
b. Menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dan luar dua lingkaran

B. Materi Ajar
Garis singgung persekutuan dalam dan luar dua lingkaran

C. Metode Pembelajaran
Ceramah, demonstrasi, tanya jawab, dan pemberian tugas

D. Langkah-langkah kegiatan
1. Pertemuan Pertama
• Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali garis singgung lingkaran yang ditarik dari titik di luar lingkaran, dan dalil Pythagoras.
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik akan membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan garis singgung persekutuan dua lingkaran

• Kegiatan Inti
a. Dengan menggunakan gambar kedudukan dua lingkaran, dijelaskan beberapa kemungkinan garis singgung persekutuan dua lingkaran.
b. Dengan menggunakan jangka dan penggaris, diperagakan cara melukis garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran
a. Dengan menggunakan gambar garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran, dijelaskan cara menghitung panjang garis singgungnya.

Catatan :
Misal MN = jarak pusat dua lingkaran dan
PQ = panjang garis singgung persekutuan dalam, maka :
PQ =
b. Bersama siswa membahas contoh-contoh
c. Siswa diminta mengerjakan beberapa soal latihan.
( guru memantau dan membimbing siswa khususnya siswa yang mengalami kesulitan ).
d. Beberapa siswa diminta menyajikan hasil kerjanya di depan kelas sementara siswa yang lainnya menanggapi.

E. Penutup
a. Dengan bimbingan guru siswa diarahkan untuk membuat rangkuman dari contoh-contoh soal yang telah diselesaikan, kemudian siswa diajak untuk menentukan sifat-sifat yang sesuai dengan contoh soal
b. Guru memberikan tugas (PR)

F. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, lingkungan

G. Penilaian
Teknik : tes
Bentuk instrumen : Pertanyaan tulis

H. Instrumen
1. Diketahui jari-jari dua buah lingkaran 5 cm dan 3 cm. Jarak pusat kedua lingkaran 10 cm. Hitunglah panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran ?
2. Diketahui panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran 12 cm, panjang jari-jari dua lingkaran 6 cm dan 3 cm. Hitunglah jarak pusat kedua lingkarannya ?
3. Diketahui jarak pusat kedua lingkaran pusat O dan P 17 cm, panjang garis singgung persekutuan dalamnya 15 cm. Jika panjang jari-jari lingkaran pusat O adalah 6 cm, maka pajang jari-jari lingkaran pusat P adalah ....
4. Diketahui jari-jari lingkaran pusat A = 4 cm dan pusat B = 2 cm. Jarak pusat kedua lingkaran 7,5 cm.
a. Lukislah garis singgung persekutuan dalamnya
b. Hitunglah panjang garis singgung persekutuan dalamnya


2. Pertemuan Kedua
• Pendahuluan
Apersepsi : Membahas PR
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik akan membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan garis singgung persekutuan dua lingkaran


• Kegiatan Inti
a. Dengan menggunakan jangka dan penggaris, diperagakan cara melukis garis singgung persekutuan luar dua lingkaran
b. Dengan menggunakan gambar garis singgung persekutuan luar dua lingkaran, dijelaskan cara menghitung panjang garis singgungnya.
Catatan :
Misal MN = jarak pusat dua lingkaran dan
PQ = panjang garis singgung persekutuan luar, maka :
PQ =
c. Bersama siswa membahas contoh-contoh
d. Siswa diminta mengerjakan beberapa soal latihan.
( guru memantau dan membimbing siswa khususnya siswa yang mengalami kesulitan ).
e. Beberapa siswa diminta menyajikan hasil kerjanya di depan kelas sementara siswa yang lainnya menanggapi.

E. Penutup
a. Dengan bimbingan guru siswa diarahkan untuk membuat rangkuman dari contoh-contoh soal yang telah diselesaikan, kemudian siswa diajak untuk menentukan sifat-sifat yang sesuai dengan contoh soal
b. Guru memberikan tugas (PR)

F. Alat dan Sumber Beljar
Buku teks, lingkungan

G. Penilaian
Teknik : tes
Bentuk instrumen : Pertanyaan tulis
H. Instrumen
1. Hitunglah panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran, jika panjang jari-jari dua lingkaran masing-masing 2 cm dan 1 cm dan jarak pusatnya 5 cm !.
2. Panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran 16 cm. Jika panjang jari-jari dua lingkaran masing-masing 14 cm dan 2 cm, maka hitunglah jarak pusat kedua lingkaran ?
3. Diketahui dua lingkaran pusat M dan N. Panjang jari-jari lingkaran pusat N = 2 cm dan panjang garis singgung persekutuan luarnya 12 cm. Jika jarak pusat kedua lingkaran 13 cm, maka hitunglah panjang jari-jari lingkaran pusat M !
4. Gambar di bawah menunjukkan penampang tiga buah kaleng minuman yang panjang jari-jari alasnya 7 cm diikat dengan tali. Hitunglah panjang tali minimum yang melilit 3 buah kaleng tersebut !

5. Diketahui jari-jari lingkaran pusat O = 3,5 cm dan pusat P = 1,5 cm. Jarak pusat kedua lingkaran 6,5 cm.
a. Lukislah garis singgung persekutuan luarnya
b. Hitunglah panjang garis singgung persekutuan dalamnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar