Selasa, 24 November 2009

Filsafat Pendidikan

Filsafat Pendidikan

Pengertian
Filsafat pendidikan adalah studi penerapan konsep-konsep dan metode filosofis dalam membahas hakikat pendidikan, baik sebagai praktik pendidikan maupun ilmu pendidikan.

Klasifikasi
a. Filsafat praktik pendidikan
Filsafat ini adalah studi penerapan konsep-konsepdan metode filosofis dalam membahas tentang seharusnya bagaimana peristiwa pendidikan secara mikro maupun makro diselenggarakan.

Filsafat praktik pendidikan mencangkup, (1) Filsafat proses pendidikan, adalah studi penerapan konsep-konsep dan metode filosofis dalam membahas : (a) apakah sebenarnya pendidikan, (b) apakah sebenarnya tujuan pendidikan, (c) apakah sebenarnya proses penerapan tujuan pendidikan. (2) Filsafat social pendidikan, adalah studi penerapan konsep-konsep dan metode filosofis social dalam membahas hubungan pendidikan dengan penataan masyarakat yang ideal.

b. Filsafat ilmu pendidikan
Filsafat ilmu pendidikan membahas tentang (1) ontology ilmupendidikan : Pembahasan tentang hakikat struktur (bentuk dari isi) ilmu pendidikan. (2) Epistemologi ilmu pendidikan: Pembahasan mengenai hakekat objek ilmu pendidikan. (3) Metodologi ilmu pendidikan : Pembahasan mengenai hakekat metode penelitian dalam pendidikan. (4) Pembahasan mengenai hakekat kegunaan ilmu pendidikan bagi praktik pendidikan dan pengembangan ilmu dan filsafat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar