Minggu, 22 November 2009

RPP SMP KLS8(KD 2. 2)

RENCANA PELAKSANAAN PELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH : SMP
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER : VIII/1

STANDAR KOMPETENSI :
2. Memahami sistem persamaan linier dua varibel dan menggunakannya dalam
pemecahan masalah

KOMPETENSI DASAR
2.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem
persamaan linier dengan 2 variabel dan penafsirannya

INDIKATOR
1. Mennentukan penyelesaian SPLDV dengan metode substitusi
2. Mennentukan penyelesaian SPLDV dengan metode eliminasi
3. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan SPLDV dan penafsirannya
4. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan menggunakan grafik garis lurus yang berkaitan dengan SPLDV

ALOKASI WAKTU
6 Jam pelajaran (3 kali pertemuan )

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat menyelesaikan SPLDV dengan metode substitusi
2. Siswa dapat menyelesaikan SPLDV dengan metode eliminasi
3. Siswa dapat membuat model matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV
4. Dapat menyelesaikan model matematika dengan menggunakan grafik garis lurus yang berkaitan dengan SPLDV

B. MATERI AJAR
1. Menyelesaikan sistem persamaan linier dua variabel dengan metode substitusi
2. Menyelesaikan sistem persamaan linier dua variabel dengan metode eliminasi
3. Menyelesaikan model matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV melalui metode grafik

C. METODE PEMBELAJARAN
Metode pengajaran yang dipakai adalah : diskusi dan penemuan

D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN
Pertemuan pertama
Pendahuluan
Apersepsi : 1. Membahas PR
2 Mengingat kembali tentang sebelumnya
Motivasi : Apabila materi ini dikuasi dengan baik maka siswa dapat
menyelesaikan masalah sehari hari

Kegiatan Inti
a. Siswa bersama guru mendiskusikan model matematika dari masalah sehari
hari
b. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan cara
menyelesaikan model matematika tersebut dengan metode eliminasi
c. Masing-pmasing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan
kelompok lain menanggapinya
f. Siswa mengerjakan tugas tentang SPLDV yang berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari dengan metode eliminasi latihan ….nomor ….
Halaman…

Penutup
a. Dengan bimbingan guru , siswa merangkum
b. Siswa dan guru melakukan refleksi
c. guru memberikan PR latihan … ,nomor … halaman … buku …

Pertemuan ke dua
Pendahuluan
Apersepsi : 1.Membahas PR
2 Mengingat kembali pengertian SPLDV
Motivasi : Apabila materi ini dikuasi dengan baik maka akan membantu
siswa dalam menyelesaikan masalah sehari hari
Kegiatan Inti
a. Siswa bersama guru berdialog tentang tujuan pembelajaran dan
mengkaitkan materi yang akan dipelajari dengan kehidupan sehari hari
b. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan beberapa
model matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV
c. Masing-pmasing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok
lain menanggapinya
d. Guru menyampaikan ulasan hasil diskusi untuk meluruskan mengenai
metode substitusi
d. Siswa mengerjakan tugas tentang SPLDV yang berkaitan dengan masalah
sehari-hari dengan metode substitus latihan ….nomor ….Halaman…

Penutup
a. Dengan bimbingan guru , siswa merangkum
b. Siswa dan guru melakukan refleksi
c. Guru memberikan PR latihan … ,nomor … halaman … buku …

Pertemuan ke tiga
Pendahuluan
Apersepsi : 1.Membahas PR
2 Mengingat kembali pengertian substuti dan eliminasi
Motivasi : Apabila materi ini dikuasi dengan baik maka akan membantu
siswa dalam menyelesaikan masalah sehari hari
Kegiatan Inti
a. Siswa bersama guru berdialog tentang tujuan pembelajaran dan
mengkaitkan materi yang akan dipelajari dengan kehidupan sehari hari
b. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan cara membuat model matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV dan menyelesaikannya dengan metode grafik
c. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok
lain menanggapinya
d. Guru mengulas cara menyelesaikan SPLDV dengan metode grafik
e. Siswa mengerjakan tugas tentang SPLDV latihan ….nomor ….Halaman…

Penutup
a. Dengan bimbingan guru , siswa merangkum
b. Siswa dan guru melakukan refleksi
d. Guru memberikan PR latihan … ,nomor … halaman … buku …


E. ALAT DAN SUMBER
Buku teks, penggaris dan kertas berpetak

F. PENILAIAN
Tekhnik : tes tulis
Bentuk instrumen : Uraian
Instrumen
Harga dua baju dan tiga kaos Rp.85.000,00 sedangkan harga tiga baju dan tiga kaos adalah Rp. 75.000,00.
a. Buatlah model matematika bentuk diatas
b. Tentukan harga sebuah baju dan sebuah kaos dengan metode Eliminasi
c. Tentukan harga sebuah baju dan sebuah kaos dengan metode substitusi
d. Tentukan harga sebuah baju dan sebuah kaos dengan metode grafik

omo
1. Bagaimana penulisan model matematika SPLDV dari cerita dibawah :
“ Dinda membeli 5 buku tulis dan 3 pensil di toka “ Murah “ seharga Rp 19.250,00 . Laras membeli 2 buku tulis dan satu pensil di toko yang sama seharga p 7.250.000 “

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar