RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX/ 1
Standar Kompetensi :
3. Melakukan Pengolahan dan Penyajian Data
Kompetensi Dasar :
3.1. Menentukan mean, median dan modus data tunggal serta penafsirannya
Indikator :
1. Mengumpulkan data dengan mencaca, mengukur dan mencatat data dengan turus.
2. Mengurutkan data tunggal, mengenal data terkecil, terbesar dan jangkauan data.
3. Menentukan mean, median dan modus data tunggal serta penafsirannya.
Alokasi Waktu : 8x 40 menit ( 4 pertemuan )
A.Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur, dan mencatat
data dengan turus.
1. Siswa dapat mengurutkan data tunggal dari kecil ke besar atau sebaliknya.
2. Siswa dapat menyebutkan data terkecil, terbesar dan jangkauan data
3. Siswa dapat menentuan mean, median dan modus data tunggal serta penafsirannya.
B. Materi Ajar :
Statistik
C. Metode Pembelajaran
Diskusi Kelompok, tanya jawab, penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan :
Pertemuan Pertama
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingatkan kembali tentang operasi bilangan
Motivasi : Menjelaskan manfaat materi ini dalam kehidupan sehari-
hari
Kegiatan Inti
a. Siswa dibagi dalam kelompok diskusi berjumlah 4 s.d. 5 orang
b. Siswa ditugaskan mengerjakan LKS tentang cara pengumpulan data dengan mencacah, mengukur, dan mencatat secara kelompok
c. Siswa mendiskusikan cara menyusun daftar hasil pengumpulan data dan mengurutkannya dari kecil ke besar atau sebaliknya dalam bentuk tabel. Guru sebagai fasilitator.
d. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya, kelompok lain menanggapinya
e. Guru memberikan klarifikasi dan penekanan hasil diskusi tiap kelompok.
f. Hasil kerja kelompok ditempel di papan display
g. Penghargaan diberikan pada kelompok yang mengerjakan paling baik
h. Tes lisan
Penutup
a. Siswa diarahkan membuat rangkuman
b. Siswa diberi tugas
c. Refleksi
Pertemuan Kedua
Pendahuluan
Revisi : Membahas tugas (PR) yang sulit
Apersepsi : Mengingatkan kembali cara mengumpulkan data
Motivasi : Menyampaikan tujuan pembelajaran dan
Menceritakan manfaat belajar materi ini dalam kehidupan sehari-
hari
Kegiatan Inti
a. Membagi kelompok berjumlah 4 s.d. 5 orang
b. Siswa ditugaskan mengumpulkan data di sekitar lingkungan sekolah, misalnya : tinggi badan, berat badan dan warna kesukaan.
c. Diskusi kelompok mengurutkan data tunggal yang diperoleh dari hasil pendataan dari kecil ke besar atau sebaliknya,
d. Siswa diarahkan untuk menentukan data terkecil, terbesar dan jangkauan data
e. Guru membimbing kerja kelompok
f. Guru menugaskan presentasi tiap kelompok, kelompok lain menaggapinya
g. Hasil kerja kelompok ditempel di papan display
h. Penghargaan diberikan pada kelompok yang paling baik
i. Tes perorangan
Penutup :
a. Siswa diarahkan membuat rangkuman
b. Siswa diberi tugas (PR)
c. Refleksi
Pertemuan ketiga :
1. Pendahuluan :
apersepsi : Mengingat kembali tentang cara mengurutkan data, menentukan
Data terkecil, terbesar dan jangkauan data.
Motivasi : Menyampaikan tujuan dan menceritakan manfaat materi ini pada
Kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan inti. :
a. Pembagian kelompok 10 orang per kelompok.
b. Guru mengajak siswa belajar diluar kelas untuk mempraktekan cara menentukan modus dari data tunggal dengan menggunakan media kacang kulit.
c. Siswa menyimpulkan pengertian modus.
d. Guru dan siswa mempraktekan cara menentukan median data tunggal dengan media kacang kulit.
e. Siswa menyimpulkan pengertian median.
f. Guru bersama siswa mempraktekan cara menentukan mean dari data tunggal.
g. Siswa menyimpulkan pengertian Mean dari data tunggal.
h. Siswa diminta mengerjakan soal latihan.
i. Guru membimbingdan mengarahkan.
j. Kuis diberikan secara lisan.
3. Kegiatan Penutup
a. Siswa diarahkan mebuat rangkuman
b. Siswa diberi tugas (PR)
Pertemuan ke-empat
1. Pendahuluan
Revisi : Membahas tugas (PR) yang sulit
Apersepsi : Mengingat kembali pengertian mean, median dan modus dari data
Tunggal
Motivasi : Menyampaiakan tujuan pembelajaran serta kaitannya
dengankehidupan sehari-hari
2. Kegiatan Inti
a. Pembagian kelompok berjumlah 4 s.d. 5 orang
b. Siswa melaksanakan diskusi kelompok untuk mengerjakan soal berkaitan dengan pengurutan data tunggal ( Buku ..........Halaman....... Latihan....No........)
c. Presentasi tiap kelompok
d. Guru membimbing dan mengarahkan pembahasan tiap kelompok
e. Penghargaan kepada kelompok yang terbaik
f. Tes perorangan
3. Penutup
a. Siswa diarahkan membuat rangkuman
b. Siswa diberi tugas (PR)
c. Refleksi
E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, pengukur tinggi badan, timbangan badan, kacang kulit, dan lingkungan
sekitar
F. Penilaian
Teknik : Tes tulis
Bentuk Instumen : Tes Uraian
Instrumen
1. Data umur 20 siswa diketahui sebagai berikut :
13,14,13,16,13,14,15,16,14,13,13,16,15,13,14,15,13,15,13,14
Gambarlah diagram batang data tersebut.
2. Diketahui data ulangan 40 siswa sebagai berikut :
Nilai Banyaknya Siswa
2 1
3 3
4 6
5 10
6 10
7 3
8 7
Siswa yang memiliki nilai kurang dari rata-rata harus mengikuti remidial.
Berapa banyak siswa yang tidak perlu mengikuti remidial
Mengetahui : ...................................2006
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran...........
................................................. ............................................
NIP NIP
Minggu, 22 November 2009
RPP SMP KLS9(KD 3. 1)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar