Minggu, 22 November 2009

RPP SMP KLS8(KD 3. 1)

RENCANA PELAKSANAAN PELAJARAN

SEKOLAH : SMP Negeri – 1 Arut Selatan
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER : VIII/1

STANDAR KOMPETENSI :
3. Menggunakan teorema phytagoras dalam pemecahan masalah
KOMPETENSI DASAR
3.1 Menggunakan teorema phytagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga
siku-siku
INDIKATOR
1. Menemukan teorema phytagoras pada bidang datar
2. Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lainnya diketahui
3. Menghitung perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa(salah satu 30,45,60)
ALOKASI WAKTU
6 Jam pelajaran (3 kali pertemuan )
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat menemukan teorema phytagoras
2. Siswa dapat menghitung panjang salah satu sisi, jika dua sisi yang lain diketahui
3. Siswa dapat menghitung perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa
B. MATERI AJAR
1. Bangun datar
2. Model segitiga siku-siku
3. Segitiga siku-siku istimewa
C. METODE PEMBELAJARAN
Metode pengajaran yang dipakai adalah : diskusi kelompok,denomtrasi dan penemuan
D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN
Pertemuan pertama
Pendahuluan
Apersepsi : 1. Mengingat kembali tentang bangun datar
Motivasi : Apabila materi ini dikuasi dengan baik maka siswa dapat
menyelesaikan masalah sehari hari
Kegiatan Inti
a. Dengan berdialog siswa diminta menyebutkan beberapa contoh bangun
datar
b. Guru dan siswa mendiskusikan tentang bangun datar segitiga siku-siku
untuk mendapatkan teorema pythagoras
c. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang bangun segitiga siku-
siku yang terdapat pada buku sumber
Penutup
a. Dengan bimbingan guru , siswa merangkum
b. Siswa dan guru melakukan refleksi
c. guru memberikan PR latihan … ,nomor … halaman … buku …

Pertemuan ke dua
Pendahuluan
Apersepsi : 1.Membahas PR
2 Mengingat kembali tentang pengertian Pythagoras
Motivasi : Apabila materi ini dikuasi dengan baik maka akan membantu
siswa dalam menyelesaikan masalah sehari hari,yang berkaitan
dengan pythagoras
Kegiatan Inti
a. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan megenai
penggunaan dalil pytagoras pada sebuah segitiga siku-siku
b. Masing-pmasing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok
lain menanggapinya
c. Guru menyampaikan ulasan hasil diskusi untuk meluruskan mengenai
dalil pytagoras
b. Siswa mengerjakan tugas tentang dalil pytagoras latihan ….nomor….. Halaman…
Penutup
a. Dengan bimbingan guru , siswa merangkum
b. Siswa dan guru melakukan refleksi
a. Guru memberikan PR latihan … ,nomor … halaman … buku …

Pertemuan ke tiga
Pendahuluan
Apersepsi : 1.Membahas PR
2 Mengingat kembali pengertian dalil pythagoras
Motivasi : Apabila materi ini dikuasi dengan baik maka akan membantu
siswa dalam menyelesaikan masalah sehari hari
Kegiatan Inti
a. Dengan siswa sebangku siswa berdiskusi tentang perbandingan sisi-sisi
segitiga siku-siku istimewa (salah satu sudutnya 30,45,60)
b. Beberapa siswa diminta menyampaikan hasil diskusinya
d. Guru mengulas tentang perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa
e. Siswa mengerjakan tugas tentang segitiga siku-siku istimewa latihan ….
nomor ….Halaman…
Penutup
a. Dengan bimbingan guru , siswa merangkum
b. Siswa dan guru melakukan refleksi
b. Guru memberikan PR latihan … ,nomor … halaman … buku …
E. ALAT DAN SUMBER
Buku teks, penggaris , model segitiga siku-siku
F. PENILAIAN
Tekhnik : kuis dan tes
Bentuk instrumen : lisan dan tertulis
Instrumen
1. Jika panjang segitiga sisi siku-siku suatu segitiga siku-siku adalah p cm, q
cm dan panjang sisi hipotenusanya r cm, tulislah dalil pytagoras yang
berlaku pada segitiga tersebut
2. Panjang salah satu sisi siku-siku suatu segitiga siku-siku adalah 12 cm
sedangkan panjang sisi hipotenusanya 13 cm,hitunglah panjang sisi siku-
siku yang lain
3. Pada segitiga ABC siku-siku di B jika sudut A = 30 dan panjang sisi AC =
6 cm. Hitunglah panjang sisi AB dan BC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar