Minggu, 22 November 2009

RPP SMP KLS8(KD 2. 1))

RENCANA PELAKSANAAN PELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH : SMP Negeri – 1 Arut Selatan
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER : VIII/1

STANDAR KOMPETENSI :
2. Memahami sistem persamaan linie dua varibel dan menggunakannya dalam
pemecahan masalah
KOMPETENSI DASAR
2.1 Menyelesaikan sistem persamaan linier dua variabel
INDIKATOR
1. Menyebutkan perbedaan PLDV dan SPLDV
ALOKASI WAKTU
6 Jam pelajaran (3 kali pertemuan )
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. siswa dapat membedakan PLDV dengan SPLDV
2. Siswa dapat menunjukkan SPLDV dari berbagai bentul anjabar
3. Siswa dapat menentukan akar-akar SPLDV dengan cara grafik, substitusi dan eliminasi
B. MATERI AJAR
1. Sistim persamaan linier dua variabel
2. Akar –akar dalam SPLDV
C. METODE PEMBELAJARAN
Metode pengajaran yang dipakai adalah : diskusi dan penemuan
D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN
Pertemuan pertama
Pendahuluan
Apersepsi : 1.Mengingat kembali tentang kesamaan
2 Mengingat kembali tentang persamaan satu variabel
3. Mengingat kembali tentang persamaan garis lurus
Motivasi : Apabila materi ini dikuasi dengan baik maka akan membantu
siswa dalam menyelesaikan masdalah sehari hari
Kegiatan Inti
a. Siswa bersama guru berdialog tentang tujuan pembelajaran dan
mengkaitkan materi yang akan dipelajari dengan kehidupan sehari hari
b. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan PLDV dan
SPLDV
c Dengan berdiskusi diharapkan siswa dapat membedakan antara PLDV dan
SPLDV
d. Masing-pmasing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok
lain menanggapinya
e. Siswa memperhatikan dan menyimak berbagi bentuk PLDV dan SPLDV
yang disajukan
f. Siswa mengerjakan tugas tentang SPLDV latihan ….nomor …. Halaman…
Penutup
a. Dengan bimbingan guru , siswa merangkum
b. Siswa dan guru melakukan refleksi
c. guru memberikan PR latihan … ,nomor … halaman … buku …

Pertemuan ke dua
Pendahuluan
Apersepsi : 1.Membahas PR
2 Mengingat kembali pengertian SPLDV
Motivasi : Apabila materi ini dikuasi dengan baik maka akan membantu
siswa dalam menyelesaikan masdalah sehari hari
Kegiatan Inti
a. Siswa bersama guru berdialog tentang tujuan pembelajaran dan
mengkaitkan materi yang akan dipelajari dengan kehidupan sehari hari
b. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan beberapa
bentul aljabar yang disampaikan guru untuk diberikan alasan apakah
merupakan SPLDV atau bukan
c. Masing-pmasing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok
lain menanggapinya
d. Guru menyampaikan ulasan hasil diskusi untuk meluruskan mengenai
konsep SPLDV
e. Siswa mengerjakan tugas tentang SPLDV latihan ….nomor ….Halaman…
Penutup
a. Dengan bimbingan guru , siswa merangkum
b. Siswa dan guru melakukan refleksi
c. Guru memberikan PR latihan … ,nomor … halaman … buku …

Pertemuan ke tiga
Pendahuluan
Apersepsi : 1.Membahas PR
2 Mengingat kembali pengertian substuti dan grafik garis lurus
Motivasi : Apabila materi ini dikuasi dengan baik maka akan membantu
siswa dalam menyelesaikan masalah sehari hari
Kegiatan Inti
a. Siswa bersama guru berdialog tentang tujuan pembelajaran dan
mengkaitkan materi yang akan dipelajari dengan kehidupan sehari hari
b. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan cara
menyelesaiakan SPLDV dengan cara grafik
c. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok
lain menanggapinya
d Peserta didik menyimakan tentang penyelesaian SPLD dengan
menggunakan cara eliminasi dan substitusi yang disamp[aikan oleh guru
e. Siswa mengerjakan tugas tentang SPLDV latihan ….nomor ….Halaman…
Penutup
a. Dengan bimbingan guru , siswa merangkum
b. Siswa dan guru melakukan refleksi
d. Guru memberikan PR latihan … ,nomor … halaman … buku …
E. ALAT DAN SUMBER
Buku teks, penggaris dan kertas berpetak
F. PENILAIAN
Tekhnik : tes tulis
Bentuk instrumen : Daftar Pertanyaan dan uraian
Instrumen
1. dari bentuk : 2x – 4y = 6 dan x + 2y = 7
a. apakah bentuk aljabar diatas merupakan sistem persamaan
b. ada berapa variabelnya
c. apakah variabelnya
d. Sebutkan apakah ben tu aljabar diatas
2. amati bentuk aljabar dibawah apakah merupakan SPLDV atau bukan :
a. 4x + 2y = 2
b. 2x – 4y = 6 dan x + 2y = 7
c. 2x – 4 y = 6 dan x + 2y  7
3. Tentukan nilai x dan y pada sistem persamaan dua variabel
2x – 4 y = 6 dan x = 2y = 7 dengan cara :
a. Grafik b. Substitusi c. Eliminasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar