Selasa, 24 November 2009

Pengertian Pendidikan

Pengertian Pendidikan

a. Arti Luas
Pendidikan adalah hidup. Pendidikan adalah segalah pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup. Pendidikan adalah situasi hidup yang mempengaruhi pertumbuhan individu.

Karakteristik
1. Masa pendidikan
Pendidikan berlangsung seumur hidup dalam setiap saat selama ada pengaruh lingkungan.

2. Lingkungan pendidikan
Pendidikan berlangsung dalam segalah lingkungan pendidikan, baik yang khusus diciptakan untuk kepentingan pendidikan maupun yang ada dengan sendirinya.

3. Bentuk kegiatan
Terentang dari yang bentuk-bentuk misterius maupun yang terprogram. Pendidikan berbentuk segala pengalaman belajar dalam hidup. Pendidikan berlangsung dalam beraneka ragam bentuk, pola, dan lembaga.

4. Tujuan
Tujuan pendidikan terkandung dalam setiap pengalaman belajar, tidak ditentukan dari luar. Tujuan pendidikan sama dengan hidup, karena tujuan pendidikan tidak terbatas tergantung pada yang menyelenggarakannya.Pendukungnya adalah kaum humanis romantic.
b. Arti Sempit
Pendidikan adalah pengajaran yang diselenggarakan di sekolah sebagai lembaga pendidikan formal. Pendidikan adalah segalah pengaruh yang diupayakan sekolah terhadap anak dan remaja yang diserahkan kepadanya agar mempunyai kemampuan yang sempurna dan kesadaran penuh terhadap hubungan-hubungan dan tugas-tugas social mereka.

Karakteristik
1. Masa pendidikan
Pendidikan berlangsung dalam waktu terbatas, yaitu masa anak dan remaja.

2. Lingkungan pendidikan
Pendidikan berlangsung dalam lingkungan pendidikan yang diciptakan khusus untuk menyelenggarakan pendidikan. Secara teknis pendidikan berlangsung di kelas.

3. Bentuk kegiatan
Isi pendidikan tersusun secara terprogram dalam bentuk kurikulum. Kegiatan pendidikan lebih berorentasi pada kegiatan guru sehingga guru mempunyai peranan yang sentral dan menentukan. Kegiatan pendidikan terprogram,terjadwal, tertent waktu dan tempatnya.

4. tujuan
Tujuan pendidikan ditentukanoleh pihak luar. Tujuan pendidikan terbatas pada pengembangan kemampuan-kemampuan tertentu. Tujuan pendidikan adalah mempersiapkan hidup. Pendukung nya adalah kaum behavioris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar