Minggu, 22 November 2009

RPP SMP KLS9(KD 4. 1)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX/ 1

Standar Kompetensi :
4. Mamahami Peluang Kejadian Sederhana

Kompetensi Dasar :
4.1 Menentukan ruang sampel suatu percobaan

Indikator :
1. Menjelaskan Pengertian ruang sampel dan titik sampel suatu percobaan
2. Menentukan ruang sampel suatu percobaan dengan mendata titik sampelnya

Alokasi Waktu : 2x 40 menit ( 1 pertemuan )

A.Tujuan Pembelajaran :
a. Siswa dapat menjelaskan pengertian ruang sampel dan titik sampel suatu percobaan
b. Siswa dapat menentukan ruang sampel suatu percobaan dengan mendata titik
sampelnya dalam sebuah daftar/tabel
B. Materi Ajar :
a. Percobaan statistika.
b. Menentukan titik sampel.
c. Menentukan ruang sampel.

C. Metode Pembelajaran :
Diskusi kelompok, demontrasi dan penemuan.

D. Langkah-langkah kegiatan :

Pendahuluan.

Apersepsi : Mengingatkan siswa tentang pengertian populasi dan sampel.
Motivasi : Jika materi ini dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa
Dalam menyelesaikan masalah sehari – hari yang terkait.

Kegiatan inti :

a. Dengan diskusi siswa diajak memahami percobaan statistika melalui contoh : undian pada pertandingan sepak bola, pengundi nama yang keluar pada arisan, memilih bola bernomor dengan mata tertutup dst.
b. Dengan diskusi siswa diajak memahami pengertian ruang sampel melalui contoh percobaan statistika yang diberikan.
c. Dengan diskusi siswa diajak memahami titik sampel dari contoh ruang sampel yang diberikan.
d. Membimbing siswa merumuskan pengertian ruang sampel dan titik sampel.
e. Meminta siswa untuk menyebutkan ruang sampel dari suatu percobaan.
Contoh : Pada pelemparan sebuah dadu dn sebuah uang logam secara bersamaan.
f. Meminta siswa mengisi daftar titik sampel dari suatu percobaan yang dicontohkan tersebut.
g. Siswa mengerjkan soal latihan yang terdapat pada buku ........... halaman.................latiahan .............no....................

Penutup :

a. Dengan bimbingan siwa diminta membuat rangkuman.
b. Siswa dan guru melakukan refleksi.
c. Guru memberikan tugas PR.

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, lingkungan, dadu, mata uang logam, bola/kartu bernomor, kartu bridge

F. Penilaian
Teknik : Tes Lisan dan Tes Tulis
Bentuk Instrumen : Daftar pertanyaan dan Isian
Instrumen :

1. Jika dua dadu bersisi enam dilambungkan satu kali bersamaan
i. Jelaskan apa sajakah titik sampelnya
ii. Bagaimana membuat ruang sampelnya
2. Lengkapi isian daftar berikut ini pada percobaan pelemparan sebuah dadu dan sebuah mata uang logam bersamaan

1 2 3 4 5 6
A A,1 ....... ........ ........ ....... .......
G ........ ....... ........ ........ ....... G,6
Tuliskan ruang sampelnya




Mengetahui : ...................................2006
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran...........



................................................. ............................................
NIP NIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar