Minggu, 22 November 2009

RPP SMP KLS7(KD 4.1)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/2

Standar Kompetensi : 4. Menggunakan konsep himpunan dan diagram venn dalam pemecahan maslah.

Kompetensi Dasar : 4.1. Memahami pengertian dan notasi himpunan serta penyajiannya.
Indikator : 1. Menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendaftar anggotanya.
2. Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan.
3. Menyatakan bnotasi himpunan.
4. Mengenal himpunan kosong dan notasinya.
5. Mengenal himpunan berhingga dan himpunan tak berhingga.

Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat menyatakan masalah sehari-gari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya.
b. Sisiwa dapat menyebutkan menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan.
c. Siswa dapat menyatakan notasi himpunan.
d. Siswa dapat menyebutkan himpunan kosong dan notasinya.
e. Siswa dapatmenyebutkan himpunan berhingga dan tak berhingga.

B. Materi Ajar
a. Pengertian himpunan.
b. Notasi himpunan.
C. Metode Pembelajaran.
Tanya jawab, diskusi kelompok dan pemberian tugas.

D. Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan pertama.
• Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali tentang impunan.
Motivasi : - Mengaitkanmateri yang akan dipelajari dg kehidupan sehari-hari, msalnya dg memnita siswa memperhatikan kumpulan benda-benda yang ada di lapangan sepak bola, di ruang kelas, di rumah dsb.
- Siswa diminta untuk menyebutkan kumpulan apa saja yang terdapat di tempat tempat yang disebutkan oleh guru atau tempat yang disebutkan siswa sendiri.
• Kegiatan Inti
a. Dengan tanya jawab guru mengarahkan siwa untuk memahami pengertua n himpunan melalui pengenalan kumpulan benda-benda yang ada di sekitar siswa atau tempat-tempat
b. Guru meminta siswa untuk membentuk himpunan yang diperoleh dari kumpulan-kupulan benda yang mungkin dapat dibentuk menjadi himpunan.
c. Guru mengenalkan lambang himpunan.
d. Guru menjelaskan anggota suatu himpunan dan bukan anggota suatu himpunan.
e. Guru/siswa mermberikan contoh suatu himpunan dan guru menunjuk objek-objek tertentu sambil menanyakan apakah objek-objek tersebut merupakan anggota himpunan atau bukan.
f. Guru mengenalkan lambang  untuk anggota suatu himpuanan dan lambang  untuk bukan anggota.
g. Siswa diminta mengerjakan LKS secara berkelompok
h. Siswa mengerjakan soal-soal latihan
• Penutup
a. Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman sebagai bahan refleksi.
b. Guru memberikan tugas (PR)

Pertemuan ke dua.
• Pendahuluan.
Apersepsi : a. Membahas PR.
b. Mengingat kembali tentang pengertian himpunan.
Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan himpunan.
• Kegiatan inti.
a. Guru mengenalkan macam-mcam himpunan bilangan dg memberikan beberapa contoh himpunan bilangan tertentu.
b. Guru menggunakan macam-macam himp bilangan (yang sudah dikenalkan) dalam pengajian himpunan dengan notasi.
c. Guru bersama siswa membahas tentang himpunan kosong dan notasinya
d. Guru/siswa membahas ttg pengertian himpunan berhingga dan tak berhingga.
e. Siswa mengerjakan latihan.
• Penutup.
a. dg bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman.
b. Refleksi.
c. Penugasan.

E. Alat dan sumber belajar.
Buku teks, LKS,
F. Penilaian.
Teknik penilaian : test.
Bentuk instrumen : Pertanyaan tertullis dan lisan.
Instrumen.
1. Sebutkan kumpulan objek yang merupakan himpunn yang ada di sekitarmu.
2. sebutkan anggota-anggota himpunan nama siswa di kelasmu yang dimulai dengan huruf A. Dan sebutkan pula yang bukan anggota.
3. Nyatakan dengan notasi himpunan : himpunan bilangan asli lebih dari 1 dan kurang dari 10.
4. Sebutkan contoh himpunan kosong.
5. Diketahui A = { 1,2,3,4,....}, B = { 1,2,3,...., 10} manakah yang merupakan himpunan berhingga dan tak berhingga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar