Selasa, 24 November 2009

Pendidikan Seumur Hidup(PSH)

Pendidikan Seumur Hidup(PSH)

PSH adalah sebuah sistem konsep-konsep pendidikan yang menerangkan keseluruhan peristiwa-peristiwa kegiatan belajar mengajar yang berlangsung dalam keseluruhan kehidupan manusia.

Perlunya PSH
a. Keterbatasan kemampuan pendidikan di sekolah
Pendidkan di sekolah ternyata tidak memenuhi semua harapan masyarakat,terliat dalam (1) banyak lulusan yang tidak terserap dalam dunia kerja, yang antara lain mutunya sangat rendah. (2) Daya serap rata-rata sekolah masih rendah, karena pelajar tidak dapat belajar optimal. (3) Pelaksanaan pendidikan sekolah tidak efisien sehingga terjadi penghamburan pendidikan yang dapat dilihat dari adanya putus sekolah dan siswa yang mengulang.

b. Perubahan masyarakat dan peranan-peranan social
Globalisasi dan pembangunan mengakibatkan perubahan-perubahan yang cepat dalam masyarakat, dengan demikian terjadilah perubahan peranan sosialnya. Pendidikan dituntut untuk dapat membantu individu untuk selalu dapat mengikuti perubahan-perubahan social sepanjang hidupnya.

c. Pendayagunaan sumber daya yang belum optimal
Salah satu masalah pendidikan kita dewasa ini adalah kelangkaan sumber yang mendukung pelaksanaan pendidikan. Yang perlu dilakukan adalah (1) penghematan dan optimalisasi dalam penggunaan sumber yang telah tersedia bagi pendidikan. (2) perlu digali sumber-sumber baru yang masih terpendam dalam masyarakt, yang dapat dimanfaatkan untuk memperlancar dan peningkatan proses pendidikan.

d. perkembangan pendidikan luar sekolah yang pesat
Dalam zaman modern, pendidikan luar sekolah berkembang dengan pesat karena memberikan manfaat kepada masyarakat, sehingga perlu mendapat tempat yang wajar dalam penyelenggaraan keseluruan pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar