RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX/ 1
Standar Kompetensi :
2. Memahami sifat-sifat tabung, kerucut, dan bola serta menemukan ukurannya
Kompetensi Dasar :
2.1. Mengidentifikasi unsur-unsur tabung kerucut dan bola
Indikator :
1. Menyebutkan unsur-unsur tabung, kerucut dan bola
2. Menunjukkan jaring-jaring tabung, kerucut dan bola
Alokasi Waktu : 2x 40 menit ( 1 pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran :
a. Siswa dapat menyebutkan unsur-unsur tabung, keucut dan bola
b. Siswa dapat menggambarkan jaring-jaring tabung, kerucut dan bola
B. Materi Ajar :
1. Tabung
2. Kerucut
3. Bola
C. Metode Pembelajaran :
Diskusi Kelompok, Demontrasi
D. Langkah-langkah Kegiatan :
Pertemuan pertama
Pendahuluan :
Apersepsi : 1. Mengingat kembali benda-benda yang berbentuk tabung, kerucut dan
bola.
Motivasi : Menghubungkan materi yang diajarkan dengan kehidupan sehari-hari
Kegiatan Inti:
a. Dengan tanya jawab siswa diminta menyebutkan contoh benda konkrit dari bentuk tabung kerucut dan bola
b. Guru dan siswa mendiskusikan tentang unsur-unsur tabung, kerucut dan bola serta mengidentifikasinya melalui contoh benda tersebut
c. Siswa nmengerjakan tugas latihan soal yang berkaitan dengan tabung kerucut dan bola
Penutup :
a. Membuat Rangkuman
b. Refleksi
c. Memberikan Tugas (PR)
E. Alat dan Sumber Belajar
Buku paket, Model Tabung – kerucut dan bola,
F. Penilaian
Teknik : Tes Tulis
Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh Instrumen :
1. Sebutkan unsur-unsur tabung pada gambar tabung berikut yang disebut dengan :
a. Jari-jari b. Diameter c. Tinggi
2. Panjang jari-jari alas sebuah kerucut 2 cm dan panjang garis pelukisnya 10 cm.
Gambarlah jaring-jaring kerucut tersebut.
Mengetahui : ...................................2006
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran...........
................................................. ............................................
NIP NIP
Minggu, 22 November 2009
RPP SMP KLS9(KD 2. 1)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar