Tugas Perkembangan Peserta Didik Usia SD/MI
Seperti telah dikemukakan pada subunit sebelumnya, peserta didik usia
SD/MI berada pada periode anak sekolah (6-12 tahun) yang memiliki karakteristik
perkembang-an tertentu sesuai dengan sebutan (label) yang diberikan oleh orang tua,
pendidik, maupun psikolog. Karakteristik perkembangan pada periode anak sekolah
tersebut, menurut Rifai (1977), pada intinya memiliki tiga ciri pokok yaitu: (1)
dorongan untuk ke luar dari rumah dan masuk ke dalam kelompok anak-anak sebaya;
(2) dorongan yang bersifat kejasmaniaan untuk memasuki dunia permainan anak
yang menuntut keterampilan tertentu; serta (3) dorongan untuk memasuki dunia
orang dewasa yaitu dunia konsep-konsep logika, simbol dan komunikasi, serta
kegiatan mental lainnya.
Sekolah Dasar sebagai lembaga pendidikan formal merupakan sarana yang
disiapkan masyarakat untuk
membantu anak melaksanakan dan menyelesaikan
tugas-tugas perkembangan pada periode masa anak akhir (6-12 tahun). Oleh karena
itu, sekolah dasar tidak hanya memfasilitasi anak untuk mempelajari kemampuan
dasar membaca, menulis, dan menghitung (calistung) tetapi juga memfasilitasi anak
agar dapat menyelesaikan tugas-tugas perkembangan lainnya. Misalnya, guru
mengajarkan cara-cara yang dapat digunakan dalam pergaulan sehari-hari yang
berhubungan dengan nilai-nilai yang berlaku dalam kehidupan masyarakat
sekitarnya.
Jumat, 11 Desember 2009
Tugas Perkembangan Peserta Didik Usia SD/MI
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar