Senin, 07 Desember 2009

Pentingnya Ejaan

Pentingnya Ejaan

Dalam menjalankan kegiatan akademik, setiap mahasiswa pasti pernah atau bahkan sering dituntut agar dapat mengungkapkan gagasan, ide, dan pikiran secara logis dan sistematis secara tertulis. Misalnya ketika tugas melaksanakan praktik lapangan, survey, dan eksperimen. Pada umumnya gagasan, ide, dan pikiran sehubungan dengan tugas tersebut pada ahirnya harus disampaikan dengan bahasa tulis. Dengan demikian, menulis merupakan suatu kegiatan akademik yang pasti dilaksanakan oleh mahasiswa.

Menuangkan gagasan atau ide dalam tulisan tidak sekedar memindahkan apa yang ada dibenak, tetapi pemindahan tersebut melalui berbagai pertimbangan seperti format, sistematika, dan bahasa. Laporan, tugas akhir, dan skripsi, misalnya merupakan karya tulis ilmiah yang bobot ilmiahnya bias ditentukan dari segi isi dan bahasanya. Yang pasti setiap karya tulis ilmiah harus ditulis dengan bahasa yang benar baik darisegi kata, kalimat, paragraph maupun ejaan.


Mahasiswa harus menguasai salah satu bidang bahasa yang sudah dibakukan, yaitu ejaan adalah harga mati atau tidak bias ditawar-tawar. Ejaan bahasa Indonesia yang berllaku sejak 1972 sampai saat ini adalah Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan atau disingkat dengan EYD. EYD itu pemakaiannya diresmikan sejak Agustus tahun 1972 berdasarkan Kepres RI no. 57 tahun 1972. Dilihat dari usianya, implementasi EYD dalam penulisan sudah cukup lama karena lebih dari tiga dasawarsa. Namun, kenyataannya menunjukkan bahwa sampai saat ini sering dijumpai tulisan yang tidak taat asas atau menyimpang dari ketentuan yang telah ditetapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar