Selasa, 01 Desember 2009

Evaluasi dan Kurikulum

Evaluasi & Kurikulum

Evaluasi kurikulum memegang peranan penting dalam penentuan kebijaksanaan pendidikan pada umumnya, maupun dalam pengambilan keputusan dalam kurikulum. Hasil-hasil evaluasi kurikulum dapat digunakan oleh para pemegang kebijaksanaan pendidikan dan para pengembang kurikulum dalam memilih dan menetapkan kebijaksanaan pengembangan sistem pendidikan dan pengembangan model kurikulum yang digunakan.

Evaluasi kurikulum sukar dirumuskan secara tegas karena beberapa factor,


1. evaluasi kurikulum berkenaan dengan fenomena-fenomena yang terus berubah.
2. Objek evaluasi kurikulum adalah sesuatu yang berubah-ubah sesuai dengan konsep kurikulum yang digunakan.
3. Evaluasi kurikulum merupakan usaha yang dilakukan manusia yang sifatnya selalu berubah.

Evaluasi dan kurikulum merupakan dua disiplin ilmu yang berdiri sendiri. Ada pihak yang berpendapat bahwa antara keduanya tidak ada hubungan, tetapi ada pihak lain yang menyatakan keduanya mempunyai hubungan yang sangat erat.Perubahan dalam kurikulum berpengaruh pada evaluasi kurikulum, sebaliknya perubahan evaluasi akan memberikan warna pada pelaksanaan kurikulum.

Hubungan antara evaluasi dan kurikulum bersifat organis dan prosesnya berlangsung secara evolusioner. Pandangan-pandangan lama yang tidak sesuai lagi dengan tuntuan zaman, secara berangsur-angsur diganti dengan pandangan baru yang lebih sesuai.

R. A Becher, seorang ahli pendidikan dari Universitas Sussex, Inggris menyatakan bahwa tiap program pengembangan kurikulum mempunyai style dan karakteristik tertentu, dan evaluasi dari program tersebut akan memperlihatkan style dan karakteristik yang sama pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar