Jumat, 20 November 2009

EVALUASI PEMBELAJARAN

EVALUASI PENGAJARAN
Oleh
Miftahul Karim


Evaluasi adalah suatu proses berkalanjutan tentang pengumpulan data penafsiran informasi untuk menilai keputusan –keputusan yang dibuat dalam merancang suatu sistem pengajaran.

Fungsi dan Tujuan Evaluasi

Evaluasi pada umumnya mengandung fungsi dan tujuan sbb.
1). Untuk menentukan angka kemajuan atau hasil belajar para siswa. Angka-angka yang diperoleh dicantumkan sebagai laporan kepada oaring tua, untuk kenaikan kelas, dan penentuan kelulusan para siswa.
2). Untuk menempatkan siswa kepada kepada situasi belajar mengajar yang tepat dan serasi dengan tingkat kemampuan, minat, dan berbagai karakteristik yang dimiliki oleh setiap siswa.
3). Untuk mengenal latar belakang siswa baik yang berhubungan dengan fungsi kedua maupun untuk menentukan sebab-sebab kesulitan belajar para siswa.
4). Sebagai umpan balik kepada guru yang pada gilirannya dapat digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar dan proses remedial bagi siswa.

Jenis-Jenis Evaluasi

1). Evaluasi sumatif, yaitu untuk menentukan angka kemajuan belajar para siswa. Evaluasi ini dalakukan pada ahir semester dan keseluruan program pengajaran.
2). Evaluasi penempatan, yaitu untuk menempatkan para siswa pada situasi belajar mengajar yang serasi.
3). Evaluaasi diagnostic, yaitu untuk membantu para siswa untuk mengatasi kesulitan belajar yang mereka hadapi.
4). Evaluasi formatif, yaitu penilaian yang berfungsi untuk memperbaiki proses belajar mengajar.

Strategi evaluatif

Masalah evaluasi erat kaitannya dengan control. Pada strategi control kita merumuskan cara yang akan ditempu untuk mengukur hasil-hasil pengajaran, sedangkan pada strategi evaluasi kita merumuskan apa dan mengapa kita mengukur. Kedua keputusan ini harus ditetapkan sejak awal pada waktu mendesain pengajaran, sebagai langkah awal untuk melakukan tindakan berikutnya. Langkah itu dimulai dari merumuskan tujuan pengajaran dan ukurn prilaku sesuai dengan pekerjaan tertentu, yang terpisa dari prilaku yang mungkin berkembang melalui prosedur atau kegiatan lainnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar